http://makalahpendidikandemokrasikunzhe.blogspot.co.id/

Wednesday 13 April 2016

sosiologi tentang masyarakat

1.Apa yang di maksud masyarakat?   Teori
Jawaban:
Pengertian masyarakat adalah sejumlah besar orang yang tinggal dalam wilayah yang sama, relatif independen dan orang-orang di luar wilayah itu, dan memiliki budaya yang relatif sama. (Richard T. Schaeferdan Robert P. Lamm, 1998).
DefinisiMasyarakat adalah orang-orang yang berinteraksi dalam sebuah wilayah tertentu dan memiliki budaya bersama. (John J. Macionis, 1997).
Adam smith menulis bahwa sebuah masyarakat dapat terdiri dari berbagai jenis manusia yang berbeda, yang memiliki fungsi yang berbeda (as amongdifferentmerchants), yang terbentuk dan dilihathanya dari segi fungsi bukan dari rasa suka maupun cinta dan sejenisnya, dan hanya rasa untuk saling menjaga agar tidak saling menyakiti "may subsistamong differentmen, as amongdifferent merchants, from a senseof its utilitywithoutany mutual loveoraffection, ifonlytheyrefrainfromdoinginjurytoeachother."
2.Apa arti kemiskinan secara sosial? Teori
Jawaban:
BAPPENAS(1953) mendefinisikan bahwa kemiskinan sebagai situasi serba kekurangan yang terjadi bukan karena kehendak oleh si miskin,melainkan keadaan yang tidak dapat di hindari dengan kekuatan yang ada padanya.
Menurut Friedman (1979) mengemukakan kemiskinan adalah ketidak samaan kesempatan untuk memformulasikan basis kekuasaan sosial,yang meliputi:asset(tanah,perumahan,peralatan,kesehatan),sumber keuangan(pendapatan dan kredit memadai),organisasi sosial politik yang dapat di manfaatkan untuk mencapai kepentingan bersama,jaringan sosial,untuk memperoleh pekerjaan,barang atau jasa,pengetahuan dan keterampilan yang memadai dan informasi yang berguna.
(http://ratnasarivicky09.blogspot.com/2011/03/kemiskinan-dan-kesenjangan-sosial.html)

3.Fenomena anak jalanan,pengamen dsb,kenapa ada di tengah-tengah masyarakat? Empiris
Jawaban:
.Dari pertanyaan di atas saya mengambil data dari wawancara dengan anak jalanan sekaligus pengamen di jln.Letjen Suprapto,kepatian,tulungagung.Dia bernama mas paimo.saya mencoba untuk bertanya yang saat itu sedang duduk di pinggir jalan.Dia berpendapat karena pekerjaan sekarang yang sulit sekolah dasar saja dulu tidak sampai selesai,untuk membantu ibu di rumah,keadaan keluarganya sangat serba pas-pasan. keahliannya hanya bisa bermain gitar saja,dia menganggap pekerjaan sebagai pengamen itu cocok untuknya.
Merasa kurang puas saya mencari pengamen lainnya,dia bernama Sri lestari saya bertemu dia saat dia mengamen di dalam bis jurusan Tulungagung-kediri.tentang pertanyaan di atas dia berpendapat menyanyi adalah hobbynya,dia merasa senang kalau suaranya itu bisa di nikmati orang lain,hanya dengan menjadi seorang pengamen kalau untuk kalangan orang menengah kebawah.Dengan beginilah saya bisa mendapatkan duit.Buat bantu ibu di rumah.
4.Apa fungsi sosial lembaga pendidikan? Teori
Jawaban:
Menurut Gillin dalam karyanya yang berjudul General Features of Social Institutions Lembaga sosial di bentuk oleh masyarakat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok manusia, pada dasarnya mempunyai beberapa fungsi, diantaranya:
1.Memberikan pedoman pada anggota-  anggota masyarakat bagaimana mereka harus bertingkah laku atau bersikap dalam menghadapi masalah-masalah dalam masyarakat yang bersangkutan. 
2.Menjaga keutuhan dari masyarakat yang bersangkutan. 
3.Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial (social control) artinya sistem pengawasan dari masyarakat terhadap tingkah laku anggota-anggotanya.
Secara umum fungsi lembaga sosial dapatdibedakan atas dua bentuk yaitu: 
·         Fungsi manifes (nyata) adalah fungsi lembaga sosial yang disadari dan menjadi harapan banyak orang. Contoh lembaga keluarga berfungsi sebaga itempat sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Lembaga ekonomi berfungsi mengatur sistem produksi, distribusi, dan konsumsi barang yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat. 
·         Fungsi laten adalah fungs lembaga sosial yang tidak disadari dan bukan menjadi tujuan utama banyakorang. Dengan kata lain, fungsi laten adalah fungsi yang tidak tampak dipermukaan dan tidak diharapkan masyarakat, tetapi ada. Contoh dalam lembaga keluarga perkawinan dijadikan sarana untuk menutup rasa malu dari anggapan yang mengatakan bahwa orang yang tidak menikah berarti tidaklaku. Dalam lembaga politik pemilu dijadikan sarana untuk mendapat kekuasaan semata karena dengan ekuasaan seseorang dapat menumpuk kekakayaan sebanyak-banyaknya .   (.http://www.seputarpengetahuan.com/2014/10/ciri-ciri-dan-fungsi-lembaga-sosial.html)
5.Apa fungsi sosial keluarga? Teori
Jawaban:
a.   Fungsi keluarga menurut Friedman (1992) adalah:
1.      Fungsi afektif dan koping
Keluarga memberikan kenyamanan emosional anggota, membantu anggota dalam membentuk identitas dan mempertahankan saat terjadi stress.
2.      Fungsi sosialisasi
Keluarga sebagai guru, menanamkan kepercayaan, nilai, sikap, dan mekanisme koping, memberikan feedback, dan memberikan petunjuk dalam pemecahan masalah.
3.      Fungsi reproduksi
Keluarga melahirkan anak, menumbuh-kembangkan anak dan meneruskan keturunan.
4.      Fungsi ekonomi
Keluarga memberikan finansial untuk anggota keluarganya dan kepentingan di masyarakat.
5.      Fungsi fisik
Keluarga memberikan keamanan, kenyamanan lingkungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan dan istirahat termasuk untuk penyembuhan dari sakit.




b.    Fungsi keluarga menurut Allender (1998):
1.         Affection (Afeksi)
Fungsi affection yang dilakukan keluarga diantaranya adalah dengan menciptakan suasana persaudaraan/menjaga perasaan, mengembangkan kehidupan seksual dan kebutuhan seksual, serta menambah anggota keluarga baru.
2.         Security and Acceptance (KeamanandanPenerimaan)
Di dalamkeluarga, fungsikeamanandanpenerimaanjugadibutuhkan.secaraumumusaha yang dapatdilakukanyaitudenganmempertahankankebutuhanfisik, danmenerimaindividusebagaianggotakeluarga.
3.         Identity and satisfaction (Identitasdanmemuaskan)
Keluargamerupakansuatu media yang dipergunakanuntukmengembangkandiri, yaitumengembangkanperandanself image, mempertahankanmotivasi, danmengidentifikasitingkatsosialdankepuasanaktivitas.
4.         Affiliation and companionship (Afiliasidanpertemanan)
Fungsiinidilakukandenganmengembangkanpolakomunikasidanmempertahankanhubungan yang harmonis.
5.         Socialization (Sosialisasi)
Sosialisasi juga salahsatufungsi yang dilakukandalamkeluarga yang tujuannyauntukmengenalkultur (nilaidanperilaku) sertasebagaiperaturan/pedomanhubunganinternaldaneksternal. Padaakhirnya, sosialisasi juga bertujuanuntukmelepasanggotakeluarga. Misalnyasaatanaksudahdewasadanmenikah.
6.         Controls (Kontrol)
Keluarga juga berfungsisebagaikontrol, yaitumempertahankankontrolsosial yang adadikeluarga. Selain itu fungsikontroldapatditerapkanuntukmelakukanpenempatandanpembagiankerjaanggotakeluargasesuaidenganperanmerekamasing-masing yang pelaksanaannyadenganmenggunakansumberdaya yang ada.




6.Apa fungsi tata ruang RT/RW di desa dan di perkotaan?empiris
Jawaban:
Dari pertanyaan di atas saya mencoba untuk observasi di balai desa batokan,kec ngantru,kab.tulungagung.di situ saya mewawancarai pak RT/RW beliau bernama Pak Warino dari RT 3/RW3 beliau berpendapat fungsi RT/RW memberikan berita/kabar dengan masyarakat selingkungannya saja kalau ada bersih desa,lomba desa,pembagian Bulog,dll.
Kemudian saya mencoba mewawancarai lagi pak RT/RW beliau bernama Pak wiji dari RT2/RT3 beliau berpendapat rungsi RT/RW sebagai perwakilan masyarakat selingkungannya saja.
7.Apa makna pedesaan?Empiris
Jawaban:
Dari pertanyaan di atas saya  mencoba mewawancarai tetangga di samping rumah saya tepatnya di desa Batokan ,kec Ngantru,kab Tulungagung.Beliau bernama bu Anik dia berpendapat bawasannya kalau lingkungan desa itu masih asri,masih kenal sama tetanggannya,kesukaannya ngrumpi,budayanya masih ada,dari segi penampilan sederhana.
Sebagai perbandingan saya mencoba mewawancarai lagi kakak sepupu saya.Dia bernama zaenab dia berpendapat bawasannya kehidupan di desa itu masih asri,tulong tinulong masih ada,kehidupannya sederhana,orangnya ramah tamah.
8.Apa makna perkotaan  ? Empiris
Jawaban:Dari pertanyaan di atas sambil saya kerja ,saya mencoba untuk observasi dengan gaya hidup orang perkotaan di jln Letjen Suprapto,No 85 kepatian,tulungagung.Kemudian saya mengambil kesimpulan dari pertanyaan makna perkotaan bawasannya Kebutuhan  di daerah perkotaan itu tinggi itu bisa kita lihat di sepanjang jalan Letjen Suprapto,kepatian,Tulungagung.Dari 22 warung aneka makanan setiap jam 9 malam itu sudah pada habis.Kebutuhan perkotaan yang serba mewah dan boros serta dari cara berpakaian yang mengikuti mode itu yang sering saya jumpai.




No comments :

Post a Comment